• SMK MIGAS CEPU
  • Think Smart Think Future

TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI

 

 

FILOSOFI LOGO

  • Bentuk roda gigi

Artinya siswa-siswi Teknik Elektronika Industri di SMK Migas Bekerja Dengan Kesegaran Jasmani Dan Rohani.

  • Warna Hijau dalam roda gigi

Artinya  siswa-siswi Teknik Elektronika Industri di SMK Migas belajar dengan Selamat, Sehat Dan Sejahtera.

  • Menara Solder dan beberapa simbul kompoenen elektronika

Artinya siswa-siswi Teknik Elektronika Industri di SMK Migas diharapkan dapat menghasilkan generasi yang berkompeten dibidang Teknik elektronika Industri .

  • Warna Marah dan Putih di dalam lingkaran roda gigi

Artinya siswa-siswi Teknik Elektronika Industri di SMK Migas diharapkan bisa menjadi generasi penerus bangsa Indonesia.

 

Visi dan Misi Teknik Elektronika Industri

VISI
“Menjadi Salah Satu Program Studi yang Unggul dan Profesional di Bidang Teknik Elektronika Industri serta Adaptif terhadap Kemajuan IPTEK berdasarkan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas di bidang teknologi berdasarkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, serta model pembelajaran yang inovatif baik pada tingkat local, nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran sebagai upaya penerapan teknologi untuk kemajuan bangsa.
  4. Meningkatkan tata kelola program studi Teknik Elektronika Industri
  5. Meningkatkan kerja sama dengan barbagai pihak baik lokal, nasional, dan internasional demi terselenggaranya kegiatan belajar mengajar dengan baik.

Mengembangkan landasan dan melaksanakan kebijakan untuk menuju salah satu program studi bertaraf internasional

 

 

Apa itu Teknik Elektronika Industri?

Teknik Elektronik Industri adalah bidang yang fokus mempelajari tentang komponen elektronika serta berbagai macam peralatan semi konduktor. Teknik Elektronika Industri digolongkan ke dalam bagian teknik elektronika. Ada beberapa hal yang dipelajari oleh kompetensi Teknik Elektronika Industri, yaitu mulai dari elektronika umum (rekayasa elektronika), mikrokontroller, mikroprocessor, pneumatic, PLC, programming berbasis komputer, dan lain sebagainya terkait perangkat industri yang memiliki hubungan atau bekerja dengan sistem elektronik. Selain itu, peluang kerja lulusan Teknik Elektronika Industri SMK Migas Cepu sangat luas dan banyak, mengingat ketrampilan yang diajarkan juga kompleks. Secara umum, output lulusan kompetensi TEI SMK Migas Cepu rata-rata sangat mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Tentu jenis pekerjaan terkait dengan elektronika industri pada posisi sebagai teknisi elektronika industri, instrumentasi, atau teknisi kontrol/ otomasi.

Di kompetensi keahlian ini, selain diberi bekal mata pelajaran umum, siswa juga dibekali keilmuan yang berkaitan dengan jurusan yang ditekuninya antara lain:

Dasar Kelistrikan Elektronika

Dasar Elektronika

Sistem Mikroprosessor dan Mikrokontroler

Teknik Pemrograman

Rangkaian Elektronika

Programmable Logic Control (PLC)

Perekayasaan Sistem Kontrol

Perekayasaan Sistem Robotik

Pembuatan dan Pemeliharaan Peralatan Elekronik

Mata diklat tersebut didukung mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Simulasi dan Komunikasi Digital, Kimia dan Fisika.

Dan Mulok Dasar-dasar elektronika instrumentasi

Siswa yang menekuni bidang ini mempunyai prospek kerja di berbagai bidang misalnya teknisi, ahli dibidang elektronika, operator produksi, dan lain sebagainya.

Lulusan teknik elektronika industri juga bisa memasang system keamanan rumah maupun kendaraan baik roda dua maupun roda empat, membuat program PLC, HMI, Mikrokontroller dan lain sebagainya.

 

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ini?

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selalu menjadi pilihan bagi mereka yang ingin langsung bekerja setelah lulus. Jurusannya bervariasi, salah satunya adalah teknik elektronika industri atau TEI. Tentu saja ada banyak alasan memilih jurusan TEI saat memasuki SMK. Apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini.

  1. Mengembangkan Minat Dan Bakat Di Bidang Fisika

Umumnya, mata pelajaran jurusan teknik elektronika industri tidak jauh-jauh dari penerapan ilmu matematika dan fisika. Oleh karena itu, jurusan yang satu ini cocok untuk Kamu yang menyukai kedua mata pelajaran tersebut.

  1. Bekerja Di BUMN

Salah satu alasan ingin mengambil jurusan TEI adalah bisa bekerja di BUMN. Saat ini banyak sekali perusahaan BUMN yang membutuhkan lulusan TEI seperti Telkom, PLN, dan masih banyak lagi. Ini tak lain karena BUMN bisa memberikan manfaat yang banyak seperti jenjang karir, tunjangan hari tua, melanjutkan studi, fasilitas, dan lain-lain.

  1. Bidang Keilmuan Yang Cukup Luas

Di jurusan TEI, Kamu tidak hanya mempelajari kelistrikan. Ada banyak bidang keilmuan lainnya seperti sistem kendali, elektronika, robotika, telekomunikasi, dan masih banyak lagi. Dengan adanya banyak pilihan bidang keilmuan, Kamu bisa memilih salah satunya yang paling diminati.

  1. Lapangan Kerja Yang Luas

Kesempatan kerja di berbagai perusahan dalam maupun luar negeri sangat terbuka lebar bagi jurusan teknik elektronika industri. Kamu bisa bekerja di BUMN, swasta, PNS, perusahaan multinasional, dan masih banyak lagi.

  1. Gaji Yang Menggiurkan

Salah satu alasan memilih jurusan TEI adalah gajinya yang sangat menggiurkan. Untuk fresh graduate saja, Kamu bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 5 juta. Untuk senior dan posisi-posisi tertentu, Kamu bisa mendapatkan gaji puluhan hingga ratusan juta per bulannya.

  1. Suka Dengan Robotika

Robotika merupakan salah satu teknologi yang cukup berkembang pesat. Untuk itu, tidak sedikit yang ingin mempelajari bidang ilmu yang satu ini . Terlebih, ahli robotic juga banyak dibutuhkan di zaman sekarang ini.

 

  1. Melanjutkan Studi Ke Luar Negeri

Teknik elektronika industri juga menjadi salah satu jurusan favorit di berbagai sekolah atau kampus di dunia. Untuk itu, Kamu bisa melanjutkan studi ke luar negeri seperti Jepang, Amerika, Eropa, dan masih banyak lagi.

  1. Menjadi Tenaga Pendidik

Menjadi tenaga pendidik sebenarnya tidak harus bergelar sarjana pendidikan. Kamu juga tidak hanya bisa mengajar di sekolah-sekolah formal. Dengan mengambil jurusan TEI, Kamu bisa menjadi guru privat di lembaga-lembaga tertentu seperti robotika.

  1. Sesuai Dengan Kemajuan Teknologi

Listrik dibutuhkan oleh hampir semua aktivitas rumah tangga bahkan industri. Untuk itu, jurusan TEI akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun karena teknologi semakin maju, khususnya di bidang kelistrikan.

  1. Mengasah Kreativitas

Dengan mengambil jurusan TEI, kreativitas Kamu akan lebih terasah. Kamu akan diminta untuk membuat rangkaian listrik, robot, dan sejenisnya.

Berikut ini peluang kerja untuk lulusan SMK JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI;

  1. Menjadi Dosen Atau Guru

Kamu dapat bekerja menjadi dosen atau bekerja menjadi guru di SMA/SMK setelah lulus. Akan tetapi untuk menjadi dosen minimal Kamu harus lulus S2. Menjadi seorang dosen adalah pekerjaan yang mulia. Gaji yang diterima juga lumayan tinggi sesuai dengan universitas atau sekolah yang menjadi tempat mengajar.

  1. Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Lulusan sarjana teknik elektronika juga bisa berpeluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bagian yang dapat diambil biasanya pada bidang energi dan sumber daya mineral. Kamu juga bisa saja bekerja pada Dirjen Ketenagalistrikan kementerian energi dan sumber daya mineral. Tentunya gaji yang ditawarkan cukup tinggi apabila menjadi seorang PNS.

  1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Kamu juga bisa bekerja di BUMN setelah lulus kuliah. Perusahaan-perusahaan milik negra membutuhkan kemampuanmu. Bidang kerja yang akan digeluti ialah pekerjaan yang berhubungan dengan telekomunikasi dan energi. Gaji yang ditawarkan cukup lah menggiurkan yakni kisran 7 sampai 12 juta.

  1. Bekerja Di Sektor Swasta

Sektor swasta sangat lah berprospek untuk lulusan jurusan tenik elektronika. Seperti halnya pengembangan software dan hardware, kominfo, telkom, dan masih banyak lagi yang lainnya. Gaji yang ditawarkan tidak terlalu tinggi. Akan tetapi ada sektor swasta yang menawarkan gaji cukup tinggi yakni perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, pembangkit listrik, dan juga perminyakan.

  1. Menjadi Seorang Wirausaha

Jika belum berkeinginan untuk bekerja, Kamu bisa membuka usaha sendiri di rumah. seperti yang telah dibahas di atas bahwa prospek kerja teknik elektro sangat luas sekali. Kamu dapat membuka jasa servis laptop, komputer, printer, dan lainnya yang berhubungan dengan elektronik daat menjadi lahan bisnis.

Mengenai gaji, tentunya dalam membuka usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit. Semakin besar modal yang dikeluarkan semakin besar pula untung yang didapatkan.

  1. Bekerja di Bidang Perminyakan dan Pertambangan

Bidang yang satu ini sangat diminati banyak orang. Teknik elektronika adalah jurusan yang sangat dibutuhkan pada bidang ini. Utamanya pada bidang control dan juga instrumen engineer. Seperti yang telah diketahui bahwasanya bidang elektronika sangat dibutuhkan oleh semua orang di dunia ini. Sehingga sumber listrik juga dibutuhkan sekali. Inilah yang menjadikan peluang besar pada pekerjaan jenis ini.

Gaji yang diberikan tergantung posisi yang di jabatnnya. apabila setingkat sarjana, biasanya berada pada level 7 yakni dengan kisaran 5 – 7 juta. Semua tergantung pada kebijakan dari perusahaan.

  1. Bekerja Di Bidang Telekomunikasi

Peluang pekerjaan untuk lulusan teknik elektro di bidang telekomunikasi ialah pada bidang elektronika, instrumen dan kontrol tang, serta IT. Dengan gaji yang diterima kisaran 7 hingga 10 juta dan juga bahkan lebih.

  1. Bekerja Di Bidang Kelistrikan

Yang dapat bekerja pada bidang kelistrikan hanyalah lulusan jurusan teknik elektronika. Sehingga menjadi peluang besar bagi Kamu sarjana teknik elektronika guna merebut pekerjaan tersebut. Bisa dengan mudahnya mendapat pekerjaan dan juga dengan gaji yang cukup besar.

  1. Software Developer

Lulusan elektronika juga harus mampu mengembangkan perangkat lunak sebagai upaya pengembangan IOT (Internet Of Things). Karena setidaknya mampu menguasai bahasa pemograman untuk perangkat keras ini. Dengan gaji yang ditawarkan minimal 5 juta hingga 7 jutaan.

  1. Manufaktur

Sebenarnya banyak sekali jurusan yang bisa masuk di bidang ini. Oleh karenanya persaingan lumayan cukup berat. Akan tetapi semua konsentrasi yang ada pada teknik elektronika bisa masuk. Baik sebagai Engineer, staf produksi, teknisi, dan juga bahkan staf personalia. Untuk gajinya tergantung posisi yang diduduki, kisaran 4,5 sampai 18 juta yang tertinggi.

  1. Bidang Migas dan Pertambangan

Bidang ini cukup diminati karena gajinya yang cukup tinggi, Lulusan Teknik elektronika khususnya konsentrasi teknik kendali dan juga kontrol biasanya dibutuhkan di bidang ini dan diposisikan sebagai Control & Instrument Engineer bersama Teknik Fisika dan juga Fisika Instrumentasi.

Teknik elektronika, juga dapat mengisi bidang IT Engineer bersama Teknologi Informasi dan Jurusan IT lainnya, tergantung kebutuhan dan juga keahlian individu tersebut. Dan beberapa perusahaan dalam negeri yang banyak menjadi incaran alumni Teknik elektronika ialah SCHLUMBERGER, PERTAMINA, PERSADA, CHEVRON (dulu CALTEX & UNOCAL),  ADARO, ANEKA TAMBANG, HALLIBURTON, TAMBANG BATUBARA BUKIT ASAM, FREEPORT, dan CNOOC (dulu Maxus), dst

  1. Telekomunikasi.

Bidang telekomunikasi tidak kalah menjadi primadona dalam daftar incaran lulusan teknik elektronika, selain karena gaji nya yang cukup tinggi, bahkan beberapa perusahaan lebih tinggi dari pada bidang perminyakan. Bidang ini cukup ekslusif diisi oleh alumni lulusan Elektro, khususnya jabatan atau keahlian yang terkait dengan core bidang telekomunikasi, karena hanya di teknik elektro diajarkan bidang atau konsetrasi atau keahlian tetang telekomunikasi. tidak seperti bidang IT, instrumentasi dan Kontrol yang dapat diisi oleh lulusan Teknik Fisika, Ilkom, Teknologi Informasi, Teknik industri, Elins maupun Fisika. Beberapa perusahaan dalam negeri yang cukup menjadi incaran alumni elektronika ialah TELKOMSEL, INDOSAT, ERICSSON, XL AXIATA, SMARTFREN TELECOM, dan  PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA.

  1. Kelistrikan

Bidang ini juga menjadi salah satu incaran para pencari kerja berasal dari jurusan elektronika,  selain karena bidang engineeringnya paling diminati nomor 3 juga karena gajinya yang lumayan tinggi. Biasanya lulusan elektro ini ditempatkan pada bagian teknis Transmisi dan gardu induk, Distribusi dan juga Instalasi.

Untuk bidang Pembangkitan Tenaga Listrik, lebih banyak diisi oleh alumni Teknik Mesin dan juga Teknik Fisika.

Akan tetapi juga banyak juga lulusan elektronika yang masuk pada bagian pembangkit. Apalagi saat ini sedang banyak rekrutmen insinyur kelistrikan dalam pembangunan program 35.000 MW sebagai pemerataan listrik guna rakyat Indonesia. Sehingga cukup dibutuhkan banyak lulusan elektro untuk bergabung dalam pembangunan ini. Selain gajinya yang menjanjikan, para lulusan teknik elektro juga bisa berkesempatan untuk berkeliling ke seluruh Indonesia.

Beberapa perusahaan dalam negeri yang cukup menjadi incaran alumni Elektro ialah PLN, INDONESIA POWER, PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB) dan juga berbagai perusahaan yang memerlukan daya listrik cukup besar sehingga perlu merekrut engineer atau teknisi Listrik sendiri.

  1. Teknologi Informasi.

Bidang ini cukup ketat persaingannya, karena banyak jurusan lain yang dapat masuk ke sini, terutama Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan juga Sistem Informasi. Akan tetapi lulusan elektronika juga dapat bersaing, demikian juga dengan alumni jurusan lain yang mempunyai keahlian maupun sertifikat bidang IT.

 15. Manufaktur dan Konstruksi

Sangat banyak sekali perusahaan bergerak di bidang ini. Dan semua konsentrasi atau minat dalam teknik elektronika dapat masuk baik sebagai Engineer, teknisi maupun staf produksi bahkan staf personalia, akan tetapi persaingan juga cukup berat karena banyak jurusan lain juga bisa masuk ke sini.

FOTO-FOTO KEGIATAN :

 

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
JADWAL PPDB

1. Reservasi / Pesan Tempat : 01 Oktober 2022 s/d 31 Desember 2022 2. Pendaftaran Gelombang 1  : 01 Januari 2023 s/d 31 Maret 2023 3. Pendaftaran Gelomban

25/12/2021 17:08 - Oleh Administrator - Dilihat 1507 kali
INFORMASI BIAYA

RINCIAN DAFTAR ULANG PESERTA DIDIK BARU SMK MIGAS CEPU TAHUN PELAJARAN 2023/ 2024 ANGSURAN JENIS BIAYA JUMLAH BIAYA I BPS 1  Rp          &n

25/12/2021 17:04 - Oleh Administrator - Dilihat 4487 kali
SYARAT DAN TATA CARA PENDAFTARAN

A. SYARAT PENDAFTARAN Pas Foto terbaru berwarna 3 x 4 sejumlah 3 lembar ( background bebas) Foto Copy Kartu Keluarga 1 lembar Foto Copy Akta Kelahiran 1 Lembar Lampirkan foto copy piag

25/12/2021 16:59 - Oleh Administrator - Dilihat 1563 kali
DAFTAR

Untuk Daftar silahkan klik Link berikut ini www.ppdb.smkmigas.com

25/12/2021 16:56 - Oleh Administrator - Dilihat 2328 kali
Fasilitas

Untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar SMK Migas Cepu mempunyai fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan siswa-siswinya antara lain: Pusat Sumber Belajar (Learning Resource

19/11/2021 14:07 - Oleh Administrator - Dilihat 1081 kali